Kamis, 25 November 2010

BISNIS

SEPUTAR MANAJEMEN BISNIS RETAIL
2010
04.19

KONSEP RETAILING

1.

Definisi

Secara Harfiah Ritel / Retail = eceran, dan peritel / retailer = pengecer, atau pengusaha perdagangan eceran.

Menurut Kamus, retail adl penjualan barang atau jasa kepada khalayak (Manser, 1995)

Definisi bisnis retail adalah :

1. Penjualan kepada konsumen akhir
2. Motivasi pembelian konsumen adalah kepentingan tersendiri dan tidak untuk dijual, atau paling tidak lebih dari separuh penjualannya adalah kepada konsumen untuk kepentingannya sendiri

2. Ruang Lingkup Bisnis Retail

Bisnis retail tidak hanya sekadar merupakan penjualan barang secara fisik, tetapi juga meliputi penjualan jasa. Co : tiket pesawat, warnet, jasa telekomunikasi. Penjualan Jasa ini disebut “Real Services”. Selain itu yang termasuk didalam penjualan barang (Complementary services) yakni : layanan pesan antar, jaminan, leasing, dan fasilitas kredit.

Pengertian Bisnis retail tidak hanya mencakup sebuah took tapi juga aktivitas sejenis yang tidak menggunakan tempat khusus dalam proses jual beli.Co : mail order, dan direct selling.

Disini yang berperilaku sebagai retailer adalah grosir, wholesaler, dan manufacture.

3. Fungsi Retail

Ritel merupakan tahap akhir proses distribusi dengan dilakukannya pnjualan langsung pada konsumen akhir.

Dimana bisnis retail berfungsi sebagai perantara antara distributor dengan konsumen akhir, Retailer berperan sebagai penghimpun barang, took retail sebagai sebaga temat rujukan.

Ritail berperan sebagai penentu eksistensi barang dari manufacture di pasar konsumsi.

KARAKTERISTIK DAN TIPOLOGI

1. Karakteristik

* Small Enough Quantity (Partai kecil,dalam jumlah secukupnya untk dikonsumsi sendiri dalam periode tertentu)
* Impulse buying (kondisi yang tercipta dari ketersediaan barang dalam jumlah dan jenis yang sangat variatif sehingga menimbulkan banyak pilihan untuk konsumen)
* Store Condition ( KOndisi lingkungan dan interior dalam toko)

2. Tipe Bisnis Retail

Klasifikasi retail berdasarkan :

Kepemilikan ( Owner ):

1. Single-Store Retailer (tipe yang paling banyak jumlahnya dengan ukuran toko umumnya dibawah 100 m²)
2. Rantai Toko Retail (toko retail dengan banyak cabang dan dimiliki oleh institusi perseroan)
3. Toko Waralaba (toko yang dibangun berdasarkan kontrak kerja sama waralaba antara terwaralaba dengan pewaralaba)

Merchandise Category:

1.

Specialty Store/ Toko Khas (Menjual satu jenis kategori barang yang relative sedikit/ sempit)
2.

Grocery Store/ Toko Serba Ada (menjual barang groceries (sehari-hari))
3.

Departement Store (menjual sebagian besar bukan kebutuhan pokok, fashionable, bermerek, dengan 80% pola konyinyasi)
4.

Hyperstore(menjual barang dalam rentang kategori barang yang sangat luas)

Luas Sales Area :

1.

Small Store/kiosk (kios kecil yang umumnya merupakan toko retail tradisional, dioperasikan sebagai usaha kecil dengan sales kurang dari 100 m²)
2.

Minimarket (dioperasikan dengan luasan sales area antara 100-1000 m²)
3.

Supermarket (dioperasikan dengan luasan sales area antara 1000-5000 m²)
4.

Hypermarket (dioperasikan dengan luasan sales area antara lebih dari 5000 m²)

Non-Store Retailer :

1.

Multi-Level-Marketing (MLM) : Model penjualan barang secara langsung dengan system komisi penjualan berperingkat berdasarkan status keanggotaan dalam distribution lines
2.

Mail & Phone Order Retailer ( Toko pesan antar ) : perusahaan yang melakukan penjualan berdasarkan pesanan melalui surat atau telepon
3.

Internet/ Online Store (e-Commerce) : Toko Retail di dunia maya yang mngadopsikan internet ke dalam bentuk online retailing

Kamis, 18 November 2010

Menganalisis Berbagai Macam Produk




# Barang yang memenuhi persyaratan :



Barang ini sudah di kenal sekali oleh para ibu – ibu rumah tangga yang rajin masak. Selain itu harganya juga sangat terjangkau oleh kalangan manapun.





 produk ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu lamanya dan sangat terpercaya kejernihan airnya. 



Barang ini sangatlah baik. Sehingga banyak sekali orang – orang yang menggunakan produk ini dan sangat laris di pasaran.

Produk ini sangatlah terkenal pada saat kita duduk di bangku SD atau SMP. Kemasannya juga unik, sehingga bnyak anak kecil yang suka.




merek ini sangatlah terkenal di dunia. Ada bermacam prodak, salah satunya bidang kendaraan bermotor dan bidang musik.


# Barang yang belum memenuhi persyaratan :




selain pengejaannya yang sulit, produk ini juga kurang baik untuk kesehatan dan kurang di kenal konsumen.




selain tidak baik untuk kesehatan, rokok ini juga hanya bisa di beli oleh kalangan menang dan kalangan ke atas.

Produk ini sangat berkualitas, tetapi pengejaan nama produk ini sulit dan harganya yang lumayan mahal.

Produk ini sangatlah bagus, tetapi pengejaan produk ini agak sulit dan para pengguna produk ini adalah kelas atas.





Pengejaan produk ini sangat sulit untuk di ucapkan. Produk ini hanya mengeluarkan produk – produk elektronik yang hanya bisa di jangkau oleh kalangan atas.

# Contoh kemasan produk

produk ini memiliki nama yang sangat mudah diingat oleh konsumennya. selainn itu harganya dapat di jangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. pop mie juga memiliki banyak varian rasa yang bisa di nikmati segala usia. pop mie memiliki keunggulan yakni dapat di bawa kemana saja, karena kemasannya yang flexybel.



Selasa, 09 November 2010

Solusi agar tidak macet dan banyak polusi

Seperti yang kita ketahui pada masa era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi terus ditingkatkan. Namun seiring dengan kemajuan tekhnologi tersebut meningkat pula jumlah kendaraan bermotor yang beredar. Sehingga setiap harinya jalan raya selalu di padati dengan kendaraan bermotor baik pribadi maupun umum. Banyak hal yang di timbulkan dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor seperti polusi udara dan menipisnya persediaan BBM dan lain – lain. Dengan terjadinya fenomena tersebut kami ingin memberikan solusi yang baik dan menguntungkan bagi masyarakat sekitar. Dengan bermodal 2 kerbau dan tempat duduk di belakang seperti mobil ini memiliki keuntungan. Seperti masalah bahan bakar. Kita tidak usah membeli bahan bakar, hanya cukup membawa hewan ini ke darerah yang banyak rumput atau tanaman alang – alang lainnya. Karena itu sudah bisa mmbuat hewan ini bertenaga untuk mengangkut manusia atau barang lainnya.

Kamis, 04 November 2010

KARTU PERDANA IM3

Alasan kelompok kami memilih kartu perdana im3, karna kelompok kami ingin memberikan informasi mengenai kartu perdana ini bagi para pembaca. Selain itu kami juga akan menganalisis semua yang menyangkut kartu perdana im3. Yang akan kami bahas adalah:
1. Ditujukan kepada siapakah kartu perdana im3
2. Kualitas kartu perdana im3
3. Fasilitas apa saja yang ada di perdana im3
4. Fungsi utama perdana im3
Point-point di atas akan kami bahas satu-persatu.
• Ditujukan kepada siapakah kartu perdana im3
Biasanya kartu ini di tujukan untuk para remaja baik dari kalangan atas, menengah maupun bawah. Di karenakan kartu ini memiliki fasilitas yang berguna bagi para remaja dimasa era globalisasi seperti sekarang.
• Kualitas kartu perdana im3
Seperti biasa setiap hasil barang produksi pasti memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.
a. Kekurangan:
- Jaringan yang sering eror
- Jika melakukan panggilan sering terputus secara otomatis setiap 4menit sekali
- Jangkauan sinyal kurang luas
b. Kelebihan:
- Tarif yang pas bagi kantong para remaja
- Sering memberikan bonus pada pengguna

• Fasilitas apa saja yang ada di perdana im3
- Internet setting
- SMS dan MMS
- 3G
- M-Banking
- Voice message
• Fungsi utama kartu perdana im3
Fungsi utama kartu perdana ini sama seperti kartu perdana yang lain yaitu melakukan panggilan dan sms.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN MATA KULIAH SOFTSKILL

KELEMAHAN :

1. Pertemuan hanya sekali dalam sebulan mengakibatkan mahasiswa/i merasa kurang mengerti terhadap tugas yang diberikan. Hal tersebut menyebabkan kesalahan dan kekeliruan dalam mengerjakan tugas yang diberikan, terutama pada awal diterapkannya mata kuliah softskill.

2. Sering terjadi kemacetan atau error saat memasukkan tugas ke studentsite.

3. Memiliki kemungkinan tugas yang dikerjakan tidak sampai kepada dosen sehingga nilai kita masih kosong dan harus mengirim ulang karena dianggap belum mengumpulkan tugas.

4. Tugas yang diberikan lebih banyak tentang tulisan sehingga materi yang ada pada SAP belum secara utuh dijelaskan.

5. Penilaian yang diberikan tidak secara langsung pada tulisan kita sehingga kita tidak mengetahui kesalahan dan kekurangan apa yang kita lakukan.


KELEBIHAN :

1. Mata kuliah softskill memotovasi mahasiswa/i menjadi lebih kreatif dalam menuangkan ide - ide yang selama ini terpendam.

2. Meringankan bebab mahasiswa/i karena mata kuliah ini tidak ada UTS dan UAS.

3. Meringankan waktu, tenaga, dan pikiran karena hanya sekali pertemuan dalam sebulan.

4. Berbagi cerita, pengalaman, dan pelajaran karena tulisan kita dapat dibaca oleh orang lain.

5. Adanya suatu penghargaan bagi kelas yang aktif dalam mengirimkan tulisan menjadikan semangat mahasiswa/i dalam mengembangkan ide - idenya.
Diposkan oleh nina septiana di 20.29

Rumah Makan “Sop Jando Bu Darmi” di Kawasan MM 2100

Ketika kami sedang mencari tempat makan yang unik di daerah Cibitung, kami menemukan tempat makan yang menurut kami sangat unik. Tepatnya di belakang kawasan MM 2100. Nama tempatnya adalah “RM. SOP JANDO BU DARMI” seperti yang tertera pada gambar di samping. Kami melihat rumah makan ini ramai sekali, sampai – sampai banyak mobil berbaris hingga belakang dan parkiran motor full. Kami langsung masuk untuk mencoba dan mencicipi makanan ini. Ketika kami sampai di dalam, tidak ada satu atau dua bangku yang kosong. Semua penuh terisi dengan orang – orang yang sedang menyantap sop itu. Sambil menunggu bangku kosong kami mencoba melihat ke dapur tempat membuat hidangannya. Ternyata dapurnya itu agak sedikit kotor dan penataan barang – barangnya tidak teratur. Ternyata, uniknya rumah makan ini adalah mayoritas pekerjanya adalah janda. Dan rumah makan ini selalu membutuhkan 10 Kg cabai. Kami jadi penasaran sekali dengan yang namanya “Sop Jando” itu. Kebetulan ada bangku kosong untuk 3 orang. Lalu kami langsung memesan sopnya. Tidak lama kemudian sopnya datang dengan aroma yang enak sekali dan kuahnya itu di penuhi dengan cabai – cabai tadi. Pantas saja dalam waktu sehari harus menghabiskan 10 Kg cabai. Makin tidak sabar saja kami untuk menyantapnya. Setelah itu kami di suruh mengambil nasi sepuasnya yang kami suka. Rasanya sangat enak sekali. Pantas saja banyak pengunjung yang datang ke sini untuk mencicipi masakan yang enak sekali.